Pekerjaan Sampingan Anak HMI yang Mudah Mendatangkan Uang

quotes himpuna mahasiswa islam


Halo para anggota HMI yang hanya bisa join kopi teman ketika nongkrong, aktif di kegiatan HMI biar hemat uang bulanan dan menjadikan sekretariat sebagai tempat pelarian karana tak bayar uang kosan.

Kamu mahasiswa dan akvis Himpunan Mahasiswa Islam / HMI yang sedang mencari sebuah pekerjaan untuk penghasilan sampingan tanpa menggangu aktifitas organisasi dan kampus?

Kita tahu bahwa kebutuhan mahasiswa itu sangat banyak sehingga kita sering kehabisan uang sebelum kebutuhan itu terpenuhi.

Hal ini sering menimpa anak HMI. Pada satu sisi ada tangung jawab organisasi sedang
menanti, namun di sisi lainya harus bekerja untuk menutupi kebutuhan hidup yang semakin mencekik leher.

Beberapa putus asa dan memanfaatkan jejaring HMI menempuh jalan pintas, yang kita kenal dengan istilah mahasiswa proposal, memasukkan proposal sana-sini untuk kepentingan pribadi. Sebagaimana yang di singgung pada judul diatas.

Sementara yang yang jujur memilih berhenti berproses di HMI dan bekerja sampingan untuk menutupi kebutuhan hidup.

Akhirnya kader yang buruk tetap bertahan di oraganisasi dan yang berpotensi baik harus keluar dari proses. Kita sebagai kader HMI bertanggung jawab untuk memutuskan mata rantai ini.

Sungguh sangat di sayangkan padahal orang yang jenis kedua ini memiliki potensi untuk berkembang lebih baik lagi di HMI.

Jika teman-teman berada dalam posisi seperti ini jangan berkecil hati, berikut adalah cara yang bisa digunakan dan sudah terbukti sangat berhasil.

Gunakanlah pengalaman yang di dapatkan di HMI dan jejaring HMI yang begitu luas, agar bisa terus berjuang berasama HMI

Berikut solusi bagi anggota HMI agar mendapat penghasilan tambahan, namun tak mengganggu aktifitas di HMI dan kampus.

Anak HMI wajib ikuti ini, agar tidak melulu jual nama organisasi pada pejabat.

Jangan terlalu dianggap serius soal judul diatas dan maaf kalau terdengar kasar, mari kita hepi-hepi membaca tulisan ini.

1. JUALAN ATRIBUT DAN BUKU HMI

Mari kita memulai, kita bisa membuat atribut dengan embel-embel HMI dan menawarkan pada teman-teman kita, asal jangan sampai jual sertifikat seketarat ya.

Manfaatkan jejaring sosial media teman-teman agar bisa mendatkan penghasilan tambahan, dari ribuan anak HMI seluruh indonesia pasti akan ada yang tertarik dengan apa yang teman-teman tawarkan.

Tak perlu modal besar, cukup puluharan ribu saja, contohnya bikin gantungan kunci dan jual di sekretariat atau promosi saat sedang membuat kegiatan.

Bikin baju kaos, jualan gordon muts, jualan buku-buku HMI, pin HMI, stiker dan lain-lain

Banyak anggota HMI yang telah berhasil dengan cara ini, bahkan ada diantara mereka sudah melebarkan sayap usaha lebih luas lagi. Hayoo ada yang tertarik.

quotes hmi

2. JADI SELEBGRAM

Mulai sekarang bangun akun instagram teman-teman dengan serius, karena dimasa mendatang bisa saja menguntungkan untuk teman-teman. Tentu membangun akun instagram itu gampang-gampang susah.

Banyaknya minat mahasiswa untuk bergabung di HMI, membuka peluang besar untuk akun-akun instagram dengan tema HMI semakin berkembang.

Jika teman-teman yang hobi foto-foto kemudian pajang di instagram, silahkan pelajari lebih dalam lagi tentang teknik fotografi yang baik.

Buatlah konten instagram teman-teman ukin, menarik dan bermanfaat, jangan terpengaruh dengan cara instan seperti buat membuat konten yang menjurus ke  pornografi.

Instagram quote, anak hmi tentunya memiliki kosa kata yang bayak, karana keranjingan berdiskusi dan baca buku. daripada buat ststus galau tak beraturan, mending bingkai kata-kata bijak hasil perenungan menjadi quote gambar dan pajang di akun instagram

Hasil yang di kejar dari semua  itu adalah mendapat folowers yang banyak, dan teman-teman dianggap menyebarkan pengaruh positif, otomatis akan ada orang yang meminta endormen tentunya tidak gratisan dong.

Telah banyak anak HMI yang memiliki akun instagram dengan folowers banyak dan mereka rutin meraup keuntungan dari hasil endormen.

Bahkan hasil dari instagram itu mereka bisa membatu adek-adek komiasariat sewaktu mengadakan kegiatan HMI. hebat bukan.

3. ADMIN SOSIAL MEDIA

Yang perlu di perhatiakan dari pekerjaan ini adalah kemampauan copy writing alias menulis headline alias menulis status yang memikat, soal kemampuan ini anak HMI tak perlu diragukan.

Jika masih teman-teman merasa ragu dengan diri sendiri soal ini silahkan pelajari teknik ini lebih dalamlagi, pasti bisa kok.

Selanjutnya adalah kemampuan desain grafis, nah kalau ini hanya segelintir saja yang bisa, tapi tenang: ada aplikasi yang secara instan bisa membantu buat grafis keren, silahkan cari di tokoh aplikasi smartphone teman-teman.

Banyak senior-senior HMI, baik yang seorang politisi, wirausaha atau pemerhati sosial, sering aktif di sosial media.

Kebanyakan dari mereka membutuhkan admin sosial media, teman-teman bisa menawarkan diri bekerja secara profesional menjadi admin sosial media.

Keuntungnya lumayan, setidaknya cukup untuk bagi gaya hidup anak kosan, bahkan ada lebihnya untuk traktir pacar upss... calon istri, lumayan kan.

quotes hmi

4. BLOGGER

Soal menulis hampir semua anak HMI memiliki kemampuan mempuni, dan teknik setiap penulis HMI itu sangat unik.

Selama di jenjang perkaderan formal HMI kita di tuntut untuk mengasah kemampuan mengulas kata alias menulis.

Resume materi training baik pada saat: Basic Training  (LK-1), Intermediate Training (LK_2) dan Advance Training (LK-3). Bahkan di training non formal seperti: Senior Course (SC),Latihan Khusu Kohati (LKK) dan Latihan Latihan Khusus Lembaga Kekaryaan HMI.

Menulis laporan baik untuk hasil kerja kepanitiaan maupun membuat laporan untuk hasil kerja kepengurusan.

Dilatih menulis esai, makalah bahkan jurnal untuk keperluan training formal maupun non formal, sesuai kebutuhan taraining tersebut.

Dari pengalaman ini HMI mengarahkan setiap anggotanya untuk lebih mahir dalam menyampaikan pendapat lewat tulisan.

Setiap anak HMI sudah memiliki dasar manulis. Teman-teman bisa memulai membuat sebuah blog dan  kembangkan kemampuan menulis untuk keperluan konten di blog yang akan di kelola.

Beberapa kader HMI sudah memulai, mereka memposting hasil Esai, Makalah LK-2, Sindikat SC, bahkan ada yang memposting ulang tulisan  Opini mereka yang pernah di muat di Media Cetak / Koran pada blog pribadi mereka.

Sayangnya mereka tak secara rutin memproduksi konten tulisan pada blog mereka, padahal jika mereka serius, bisa menjadi pendapatan tetap dari blog.

Sudah banyak bloger sukses yang meraup keuntungan besar dari hasil nge-blog. teman-teman mau serius mencoba?

5. PENULIS LEPAS

Lagi-lagi soal tulis-menulis, penulis lepas adalah yang paling menjadi faforit anak-anak HMI, tulisan soal opini, esai dan sastra menjadi yang paling sering dibuat.

Bagi yang belum tahu apa itu penulis lepas: orang ang menghasilkan atau membuat tulisan secara mandiri, dan tidak terikat dengan lembaga manapun. kemudian tulisan itu bisa saja diposting ke media sosial, media online maupun secara cetak.

Banyak platform media online menyediakan ruang untuk tulisan-tulisan ringan dan mereka juga tak segan-segan membayar jika tulisan teman-teman lolos dan di publikasi.

Media online juga membuka kolom opini dan esai untuk di isi dan tentu mereka menyisipkan beberapa rupian untuk penulis yang tulisanya berhasil di terima.

Media cetak seperti koran dan majalah apalagi, bahkan media cetak bisa sangat besar mamberi imbalan untuk setiap tulisan yang teman-teman berikan pada mereka.

Insaya Allah jika blog MAHASISWA KANAN berkembang dan memiliki trafik yang bagus, MAHASISWA KANAN akan menerima tulisan dari tema-teman dan tentunya dengan bayaran yang setimpal.

Untuk itu terus beri dukungan untuk blog MAHASISWA KANAN agar bisa membantu teman-teman dalam menyalukan ide dan gagasan.

Demikian beberap cara yang bisa teman-teman lakukan agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, semoga bisa membatu, manfaatkan kemampuan yang teman-teman dapatkan di HMI ini.

Yakin Usaha Sampai.
LihatTutupKomentar